Object Oriented Programming C++ #12 - Dre@ming Media
Lembaga Pendidikan Computer Profesi
Home » , » Object Oriented Programming C++ #12

Object Oriented Programming C++ #12

Written By Arjawapost on Sabtu, 19 Januari 2019 | 21.15

Object Oriented Programming C++ #12
Pada bab ini kita akan belajar dasar-dasar pemrograman berorientasi objek dengan bahasa C++. Mulai dari inheritance, polymorphism, Encapsulation, dan Abstraction.

Class - Contoh Program Sederhana C++ Menggunakan Class dan Object

Contoh Program Sederhana C++ Menggunakan Class dan Object

        #1 Pengertian Class dan Objek
        #2 Struktur Penulisan Class pada C++
        #3 Contoh Program Class & Objek

Diawal pembahasan kita telah mengetahui bahwa bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C. Lalu C++ menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek.

Mari kita baca penjelasannya:

Pemrograman Berbasis Objek atau Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah tata cara pembuatan program dengan menggunakan konsep objek yang memiliki data atau atribut dan prosedur yang dikenal dengan method.

OOP mengikuti model yang telah ada pada kehidupan sehari-hari…

Misalnya manusia memiliki tinggi, berat badan, dan warna kulit sebagai atribut (variabel) lalu manusia dapat berjalan, berlari, dan tertawa sebagai method.

Secara sederhana, OOP adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan program menggunakan objek yang berinteraksi satu sama lain.

Objek dapat diumpamakan dengan ‘fungsi khusus’ yang bisa berdiri sendiri. Untuk membuat aplikasi, berbagai objek saling bertukar data untuk mencapai hasil akhir.

#1 Pengertian Class dan Objek

Pada dasarnya class adalah sebuah bluepint (cetak biru) atau yang bisa disebut arsitektur dari object. Artinya, kita bisa membuat banyak objek dari suatu class.

Kelas (sintaks: class) adalah konsep struktur data yang diperluas: seperti struktur data, data  tersebut dapat berisi data anggota, namun juga berisi fungsi sebagai anggota.

Sedangkan, objek adalah sebuah instantiasi sebuah kelas.

Objek sendiri mempunyai indentitas (nama), pada umumnya memiliki pengetahuan baik tentang dirinya maupun objek lain dan memiliki ketrampilan untuk melakukan sesuatu.

Dalam program, pengetahuan dari suatu objek disebut dengan state atau attribute atau field. Sedang ketrampilan dan perilakunya disebut dengan behaviour / function / method.

JIka kita ingat variabel, maka kelas akan menjadi tipe data lalu objek akan menjadi nama variabelnya. Namun intinya: kelas adalah representasi benda(object) dari dunia nyata.

#2 Struktur Penulisan Class pada C++

Kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class:

class class_name {
  access_specifier_1:
    member1;
  access_specifier_2:
    member2;
  ...
} object_names;

Dimana class_name adalah identifier yang valid untuk kelas, lalu object_names adalah daftar nama pilihan untuk objek kelas tersebut.

#3 Contoh Program Class & Objek

Berikut adalah contoh class dalam program c++:

============================================
#include <iostream>
using namespace std;

class Rectangle {
    int width, height;
  public:
    void set_values (int,int);
    int area() {return width*height;}
};

void Rectangle::set_values (int x, int y) {
  width = x;
  height = y;
}

int main () {
  Rectangle rect;
  rect.set_values (3,4);
  cout << "area: " << rect.area();
  return 0;
}
============================================

Jika anda perhatikan kode diatas, kita telah membuat kelas bernama Rectangle. Lalu, didalam kelas tersebut kita mendeklarasikan variabel dan method.

Pelajari konsep dasar yang ada dalam program diatas:
  •     Variabel width dan height untuk menyimpan nilai.
  •     Method set_values untuk memberi nilai pada variabel.
  •     Method area untuk mendapat nilai dari width*height (luas).

Pada contoh diatas kita menggunakan operator :: (dua titik dua).

Itu artinya kita mendefinisikan method bahwa fungsi set_values merupakan anggota kelas Rectangle meskipun penulisan kodenya di luar kelas itu sendiri.

Kemudian di program utama kita membuat object dengan cara NamaKelas namaObject; Rectangle rect;

Setelah itu kita akan memberikan nilai 3 dan 4 untuk variabel width dan height menggunakan method set_value. Berikut caranya: namaObject.namaMethod;

rect.set_values (3,4);

Terakhir kita menampilkan hasil dari perkalian (width dan height) dengan method area.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai class dalam c++ sebelum memasuki p emrograman yang lebih lanjut.





Mr. Brain Revolution
Share this article :

Total Visitors

Cara Pembayaran

Pembayaran Bisa dilakukan Cash ditempat kursus, atau melalui transfer bank dibawah ini:

1. Bank Mandiri, No. Rekening : 1450004182149, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.

2. Bank BNI, No. Rekening : 0055157742, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.


Konfirmasi pembayaran menggunakan WA, Line atau SMS. DISARANKAN Konfirmasi via SMS ke 0852 5349 4669 dengan format sbb :

"Transfer (Nama Siswa Client) (JUMLAH TRANSFER) (BANK) (TANGGAL) (NAMA PEMILIK REKENING/PENGIRIM) (KETERANGAN)"

contoh SMS :
"Transfer JHON Rp.750.000 BNI 31/12/16 ICA SURICA utk pembayaran kursus Ms. Word-Excel"


Format SMS diatas BAKU agar tidak diubah urutannya.
Konfirmasi Transfer jam 8 Pagi sampai jam 9 Malam WIB, selain jam ini Bank melakukan updates.
Bila lebih dari 24jam anda belum mendapat balasan konfirmasi SMS, harap segera menghubungi nomor Telpon Billing
 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Media - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka